Hotline 08122737993
Informasi lebih lanjut?
Home » Our Service » Tata Cara Umroh dan Doanya, Perlu Diketahui

Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim. Umroh adalah kegiatan berziarah ke tempat ramai, dalam konteks ibadah umroh berarti berkunjung menuju kabah untuk melaksanakan ibadah kepada Allah.

Berbeda dengan ibadah haji yang memiliki hukum wajib bagi orang yang mampu melaksanakan, umroh adalah ibadah sunah yang baik dilakukan namun tidak ada keharusan bagi umat muslim. Kedua ibadah ini memang sering kali dikaitkan karena memiliki rukun pelaksanaan yang hampir sama.

Hanya saja, rukun pelaksanaan ibadah umroh dilakukan lebih singkat dibandingkan ibadah haji. Jika Anda berencana untuk menunaikan ibadah umroh, maka penting untuk memperhatikan bagaimana tata cara umroh dan doanya yang dilafalkan pada setiap rukunnya.

Bukan tanpa alasan, setiap rukun dalam pelaksanaan umroh memiliki syarat tertentu yang perlu dipenuhi dan dilakukan. Mulai dari pakaian yang dikenakan, barang atau apa saja yang tidak boleh dipakai, hingga hal-hal yang dianjurkan saat melaksanakan ibadah umroh.

Selain itu, setiap rukun umroh dilakukan secara berurutan sehingga Anda perlu memahami dengan benar tentang tata cara umroh dan doanya. Ini bisa menjadi salah satu persiapan yang bisa dilakukan sebelum berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh. Dilansir dari Muslim.or.id, berikut kami merangkum tata cara umroh dan doanya bisa disimak.

Tata Cara Umroh dan Doanya: Ihram

Tata cara umroh dan doanya yang pertama dilakukan adalah rukun ihram. Dalam rukun ini, seseorang yang akan menunaikan ibadah umroh, berniat dan mempersiapkan diri pada waktu dan cara tertentu.

Persiapan ini dimulai dari mandi junub, memakai pakaian ihram, serta memperbanyak bacaan talbiah umroh. Berikut penjelasan setiap tahap-tahapnya:

  • Dianjurkan mempersiapkan diri dengan mandi besar seperti mandi junub dan memakai wangi-wangian.
  • Memakai pakaian ihram bagi laki-laki, yaitu berupa dua lembah Kain ihram berwarna putih, satu kain dipakai sebagai sarung, satu kain lainnya dipakai untuk menutup pundak. Bagi wanita, mengenakan pakaian yang telah disyariatkan untuk menutup seluruh tubuh, namun dilarang memakai cadar/niqab, serta sarung tangan.
  • Berihram dari miqat dengan mengucapkan “labbaik ‘umroh” (aku memenuhi panggilan-Mu untuk menunaikan ibadah umrah).
  • Jika khawatir tidak dapat menyelesaikan ibadah umroh karena sakit atau penghalang lain, bisa mengucapkan kalimat di atas dengan dilanjutkan “Allahumma mahilli haitsu habastani” (Ya Allah, tempat tahallul di mana saja Engkau menahanku).
  • Ketika berihram bertepatan dengan waktu sholat wajib, maka dianjurkan untuk melaksanakan sholat terlebih dahulu baru dilanjutkan dengan ihram.
  • Memperbanyak bacaan talbiah umroh “Labbaik Allahumma labbaik. Labbaik laa syariika laka labbaik. Innalhamda wan ni’mata, laka wal mulk, laa syariika lak”. (Aku menjawab panggilan-Mu ya Allah, aku menjawab panggilan-Mu, aku menjawab panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku menjawab panggilan-Mu. Sesungguhnya segala pujian, kenikmatan dan kekuasaan hanya milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu).

Tata Cara Umroh dan Doanya: Thawaf

Tata cara umroh dan doanya pada rukun kedua adalah thawaf. Thawaf adalah kegiatan mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali. Dalam pelaksanaan thawaf, Anda juga perlu memperhatikan syarat, urutan, serta lafal doa yang dibaca.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang dianjurkan dalam melaksanakan ibadah thawaf di Masjidil Haram. Berikut tata cara umroh pada rukun thawaf yang perlu diketahui:

  • Sebelum memasuki kota Mekkah, dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu. Saat memasuki Masjidil Haram mendahulukan kaki kanan sambil membaca doa masuk masjid, “Allahummaf-tahlii abwaaba rohmatik” (Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu).
  • Selanjutnya menuju ke Hajar Aswad lalu menghadapnya dan membaca “Allahu akbar” atau “Bismillah Allahu akbar.” Mengusap tangan kanan dan mencium Hajar Aswad. Jika tidak memungkinkan untuk mencium Hajar Aswad, cukup mengusapnya dan mencium tangan yang digunakan untuk mengusap. Jika tidak mampu mengusap, cukup isyaratkan dengan tangan tanpa mencium tangan. Anjuran ini dilakukan setiap putaran thawaf.
  • Memulai thawaf sebanyak 7 putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di tempat yang sama. Disunahkan berlari-lari kecil sebanyak 3 putaran pertama, dan berjalan biasa 4 putaran terakhir.
  • Disunahkan mengusap Rukun Yamni pada setiap putaran thawaf. Tidak dianjurkan mencium Rukun Yamani, jika tidak memungkinkan untuk mengusap, tidak perlu memberi isyarat tangan.
  • Saat Rukun Yamani dan Hajar Aswad disunahkan membaca “Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka). (QS. Al Baqarah: 201)
  • Tidak ada dzikir dan bacaan tertentu saat melaksanakan thawaf, selain doa dari Surat Al Baqarah ayat 201 di atas. Anda bisa membaca doa dan zikir sesuai keinginan.
  • Setelah selesai melakukan thawaf, dianjurkan menutup kedua pundak lalu menuju makam Ibrahim sambil membaca “Wattakhodzu mim maqoomi ibroohiima musholla” (Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat) (QS. Al Baqarah: 125).
  • Melaksanakan salat sunah dua rakaat di belakang makam Ibrahim. Pada rakaat pertama, membaca Al Fatihah dan Al Kafirun. Pada rakaat kedua membaca Al Fatihah dan Al Ikhlas.
  • Setelah selesai salat, dianjurkan minum air zam-zam.
  • Kembali ke Hajar Aswad, bertakbir, lalu mengusap dan menciumnya. Jika tidak memungkinkan cukup memberi isyarat tangan seperti sebelumnya.

Tata Cara Umroh dan Doanya: Sai dan Memotong Rambut

Tata cara umroh dan doanya dua rukun terakhir adalah sa’i dan memotong rambut atau tahallul. Sa’i adalah salah satu rukun dari ibadah umroh yang dilakukan dengan jalan kaki berulang kali sebanyak 7 kali, dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah. Kedua bukit ini berjarak sekitar 405 meter.

Setelah rukun sa’i selesai dilakukan, ibadah umroh ditutup dengan memotong rambut atau memendekkan rambut yang disebut dengan tahallul. Rukun ini umum dilakukan oleh laki-laki, sedangkan perempuan disunahkan hanya memotong ujung rambut sepanjang satu ruas jari. Berikut tahapan sa’i dan tahallul yang bisa disimak:

  • Menuju ke Bukit Shafa untuk melaksanakan sa’I sambil membaca doa “Innash shafaa wal marwata min sya’airillah” (Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah) (QS. Al Baqarah: 158). Lalu dilanjutkan “Nabda-u bimaa bada-allah bih”.
  • Menaiki Bukit Shafa lalu menghadap ke arah Ka’bah hingga mampu melihatnya sambil membaca “Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. (3x) Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah segala kerajaan dan segala pujian untuk-Nya. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata. Dialah yang telah melaksanakan janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan tentara sekutu dengan sendirian.”
  • Turun dari Bukit Shafa dan berjalan menuju Marwah dengan lari-lari kecil. Setelah sampai, lalu menaiki Bukit Marwah. Lakukan seperti ketika berada di Bukit Shafa, menghadap kiblat, mengucap takbir, membaca bacaan dzikir di atas, serta membaca doa apa saja yang diinginkan.
  • Perjalanan dari Shafa ke Marwah dihitung satu kali putaran. Lakukan ini sebanyak tujuh kali putaran.
  • Tidak ada doa dan dzikir tertentu saat melaksanakan sa’i, namun Anda bisa membaca doa ini “Allahummaghfirli warham wa antal a’azzul akrom” (Ya Rabbku, ampuni dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa dan Maha Pemurah), tidaklah mengapa karena telah diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud dan ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya mereka membacanya ketika sa’i.
  • Selesai melaksanakan sa’i, dilanjutkan dengan rukun tahallul dengan memendekkan rambut. Bagi aki-laki disarankan untuk dicukur gundul. Sedangkan wanita cukup memotong ujung rambut sepanjang satu ruas jari.
  • Setelah tahallul, maka ibadah umroh berakhir dan Anda bisa mengerjakan hal-hal yang sebelumnya dilarang di rukun ihram.

Sekian artikel Tentang Tata Cara Umroh,Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua

Baca Juga :

8 Keutamaan Haji dan Umrah yang Menyejukkan Hati

Pengertian, Hukum dan Syarat Badal Haji

Pengertian Haji, Hukum, Waktu , Rukun, Dan Kewajiban.

10 Tempat Istimewa Yang Harus Di Kunjungi Saat Haji Dan Umroh

6 Syarat Wajib Umroh dan Haji yang Harus Terpenuhi

Keutamaan Umroh Serta Rukun & Waktunya

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Biro Umroh Jogja Terpercaya by Amana Tour

Paket Umroh Jogja Terpercaya & Berkualitas dari Amana Tour

2 Juli 2024 41x Program Umroh

Amana Tour bangganya menghadirkan paket umroh Jogja unggul. Direncanakan dengan hati untuk memberikan pengalaman ibadah berkualitas dan terjangkau. Kami paham umroh adalah ibadah krusial bagi umat Islam, termasuk muslim di Yogyakarta. Tiada detail biaya umroh Jogja yang kami lewati tanpa hitungan cermat. Kami memastikan layanan ... selengkapnya

Umroh Yogyakarta

Kenapa Sih Harus Umroh di Usia Muda???

1.Memiliki kemampuan fisik yang kuat dan prima Selain memanjaatkan do’a dan keinginan kita di “rumah” Sang Maha Pencipta, Hampir 70 % dari kegiatan ibadah umroh memerlukan kegiatan fisik. Melakukan Ibadah umroh membutuhkan kemampuan fisik yang fit dan prima. Karena disana kita akan melakukan aktifitas aktifitas yang padat dan yang pasti sangat menguras... selengkapnya

Biro Umroh Yogyakarta Terpercaya

Ibadah Umroh yang Dikenal sebagai Haji Kecil

Ibadah lain yang sering disandingkan dengan haji adalah ibadah umroh. Sebab, ada waktu-waktu selain bulan Dzulhijjah yang bisa digunakan untuk beribadah dengan khusyuk di rumah Allah. Selain diganjar pahala, umroh juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengingkatkan keimanan. Umroh adalah ziarah ke Baitullah dengan thawaf atau mengelilingi ka’bah 7 kal... selengkapnya

Agency Umroh Yogyakarta Terpercaya

Keutamaan umroh di bulan Ramadhan

Umroh di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Ini karena nilai dan keutamaannya yang istimewa. Umroh di bulan Ramadhan ternyata setara dengan ibadah Haji. Jadi tentu jika Anda ingin berumroh dengan mendapat manfaat lebih, Anda bisa memilih untuk berumroh di bulan yang suci ini. Namun tentu saja Anda harus menjaga stamina Anda. Apalagi mengingat iklim Arab Saudi... selengkapnya

Biro Umroh Jogja Yogyakarta Terpercaya

Tata Cara Umroh dan Doanya, Perlu Diketahui

Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah yang dianjurkan bagi umat muslim. Umroh adalah kegiatan berziarah ke tempat ramai, dalam konteks ibadah umroh berarti berkunjung menuju kabah untuk melaksanakan ibadah kepada Allah. Berbeda dengan ibadah haji yang memiliki hukum wajib bagi orang yang mampu melaksanakan, umroh adalah ibadah sunah yang baik dilakukan ... selengkapnya

Biro Umroh Yogyakarta Terpercaya

Keutamaan Umroh Serta Rukun & Waktunya

23 September 2022 21x Program Umroh, Promo Paket Wisata Jogja

Selain berpuasa selama sebulan penuh saat Ramadhan hingga tadarus Al-Qur’an saban waktu, terdapat ibadah lain yang disebut dalam hadits memiliki keutamaan. Keutamaan umroh di bulan Ramadhan menjadi salah satu yang diincar banyak umat Muslim. Di dalam Al Quran disebutkan tentang ibadah umroh dalam Surat Al-Baqarah Ayat 196 yang maknanya: “Dan semp... selengkapnya

Agen Umroh Yogyakarta Terpercaya

Pengertian Umroh, Hukum, Syarat, dan Rukun, Serta Wajib Umroh

21 September 2022 24x Program Umroh

Mengunjungi tanah suci untuk menunaikan ibadah umroh selain berhaji adalah impian bagi umat Islam. Namun, apa sih ibadah Umroh itu sendiri?Nah, artikel ini akan membahas tentang Pengertian Umroh, Hukum, Syarat, dan Rukun Serta Wajib Umroh, mengingat masih banyak jamaah yang belum memahami bahkan mengetahui apa itu umroh, apa syarat-syarat umroh itu, wajib... selengkapnya

Ka'bah

Umroh Dulu sebelum Pergi Haji? Cek Pertimbangan Berikut

Menunaikan ibadah haji bisa dibilang adalah cita-cita setiap Muslim. Ibadah haji hanya dilakukan sekali seumur hidup dan berperan menjadi penyempurna Rukun Islam. Namun, antrean keberangkatan yang sangat lama kadang membuat orang khawatir gagal melaksanakannya. Mengutip data Kementerian Agama RI tahun 2020, panjang antrean keberangkatan haji di Indonesia men... selengkapnya

Sejarah Kiswah Melalui Ibadah Umroh Di Tanah Suci

Sejarah Kiswah Melalui Ibadah Umroh Di Tanah Suci

25 Juli 2022 10x Program Umroh

Mengenal Sejarah Kiswah Kiswah adalah kain hitam yang terkenal yang menutupi Ka’bah, tempat suci Umat Islam yang mana umat Islam bila sholat menghadap ke Ka’bah. Mengenal Sejarah Kiswah yang diganti setahun sekali dan ada juga sebuah sabuk yang menyertainya yang menjuntai hingga sepertiga nya menutupi Ka’bah serta ada juga tirai yang menutupi pint... selengkapnya

5 Perbedaan Umroh Dan Haji Yang Umat Islam Harus Tahu

5 Perbedaan Umroh Dan Haji Yang Umat Islam Harus Tahu

21 Juli 2022 14x Program Umroh

Banyak di antara umat Muslim yang sudah tahu bahwa ibadah haji dan umroh adalah 2 ibadah yang berbeda. Akan tetapi, bila mereka diminta untuk menjelaskan perbedaan tersebut, kebanyakan di antara mereka akan gamang dan tidak tahu harus menjawab. Oleh karena itu, pada kesempatan artikel kali ini, kami akan menjelaskan 5 perbedaan Haji dan Umroh. Apa saja.... selengkapnya

10 Tempat Istimewa Yang Harus Di Kunjungi Saat Haji Dan Umroh

10 Tempat Istimewa Yang Harus Di Kunjungi Saat Haji Dan Umroh

18 Juli 2022 13x Program Umroh

Ibadah haji menjadi impian bagi seluruh umat muslim di dunia. Ini dikarenakan ibadah haji tak hanya sekadar ibadah biasa, tapi juga sekaligus napak tilas dan wisata religi kehidupan nabi pada zaman dahulu. Saat Anda naik haji, akan ada banyak sekali tempat suci dan religius yang dikunjungi di Mekkah dan Madinah. Destinasi di Mekkah dan Madinah... selengkapnya

6 Syarat Wajib Umroh dan Haji yang Harus Terpenuhi

6 Syarat Wajib Umroh dan Haji yang Harus Terpenuhi

14 Juli 2022 11x Program Umroh

Hai sahabat Amana..Kali ini Ama mau bahas tentang 6 syarat wajib haji dan umroh yang harus terpenuhi nih,Apa saja syarat wajib haji dan umroh yang harus dipenuhi? Cek di sini. Haji merupakan ibadah yang diwajibkan bagi seorang muslim apabila mampu melaksanakannya. Dengan kata lain, terdapat syarat tertentu untuk dapat menjalankan ibadah haji. Utamanya yang m... selengkapnya

SYARAT WAJIB DAN RUKUN UMROH YANG HARUS DIKETAHUI

SYARAT WAJIB DAN RUKUN UMROH YANG HARUS DIKETAHUI

12 Juli 2022 10x Program Umroh

Setiap umat Muslim pasti memiliki keinginan berkunjung dan beribadah ke Baitullah, terutama untuk melaksanakan ibadah umroh. Untuk itu perlulah kita sebagai umat muslim mengetahui syarat wajib serta rukun ibadah umroh agar ibadah yang dilakukan dapat sesuai dengan syariat islam serta Insya Allah mendapat ridho dari Allah SWT.Pertama kita akan membahas mengen... selengkapnya

RUTE PERJALANAN UMROH SELAMA DI TANAH SUCI

RUTE PERJALANAN UMROH SELAMA DI TANAH SUCI

6 Juli 2022 11x Program Umroh

Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia tentu memiliki impian ataupun keinginan. Bagiumat muslim sendiri, salah satu impian yang ingin tercapai yaitu melakukan ibadah umroh.Mampu melakukan ibadah umroh merupakan dambaan bagi setiap muslim. Banyak sekali diluar sana umat muslim yang berlomba-lomba untuk bisa berkunjung ke baitullah. Disisi lain,banyak pula ... selengkapnya

Harga Tour Umroh Yogyakarta VIP

Harga Tour Umroh Yogyakarta VIP

1 Juli 2021 10x Our Service

Keunggulan Harga Tour Umroh Yogyakarta VIP Jogja Terbaik dan Terpercaya Buat Anda yang menginginkan pergi umroh maupun haji, tentu saja wajib memilih travel yang udah tentu terpercaya. Kini, Anda bisa pilih travel umroh Jogja yang telah memiliki izin formal dan dipercaya lebih dari 16 tahun lamanya. Selain itu, Harga Tour Umroh Yogyakarta VIP ini punya... selengkapnya

Harga Biaya Paket Umroh Jogja Murah

Harga Biaya Paket Umroh Jogja Murah

31 Mei 2021 6x Our Service

Keunggulan Harga Biaya Paket Umroh Jogja Murah Jogja Terbaik dan Terpercaya Buat Anda yang inginkan pergi umroh maupun haji, tentu saja perlu menentukan travel yang telah tentu terpercaya. Kini, Anda dapat memilih travel umroh Jogja yang udah punyai izin formal dan dipercaya lebih berasal dari 16 th. lamanya. Selain itu, Harga Biaya Paket Umroh Jogja... selengkapnya

Bersikap Seimbang untuk Dunia dan Akhirat

Bersikap Seimbang untuk Dunia dan Akhirat

Oleh : Sofwan Hadikusuma, Lc, M.E Jika ada yang bertanya, untuk apa sebenarnya manusia diciptakan di dunia ini? Sebagai seorang muslim, tentu akan mudah menjawabnya: untuk beribadah. Demikian karena tujuan penciptaan memang telah jelas dititahkan oleh Allah swt. yaitu dalam firman-Nya pada surat adz-dzariyat ayat 56 yang artinya berbunyi: “Tiadalah aku ci... selengkapnya

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.